Kamis, 02 September 2021

Pilihan Mainan Untuk Perkembangan Bayi

Bayi memerlukan mainan untuk membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangannya. Mainan tidak hanya dapat memberikan kesenangan untuk bayi tetapi juga dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar dan motorik halusnya. Motorik kasar merupakan gerakan yang melibatkan otot kaki, lengan, dan seluruh tubuh. Aktivitas motorik kasar antara lain adalah berlari, berjalan, dan melompat.

Sementara itu motorik halus adalah gerakan yang melibatkan otot di tangan, jari, dan pergelangan tangan seperti memegang makanan. Keterampilan motorik kasar dan halus perlu dikembangkan sejak dini karena ini akan mendukung perkembangan kemampuan bayi berikutnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan tersebut adalah melalui mainan.

Melalui permainan, bayi dapat mengembangkan berbagai keterampilan esensial dalam hidup mulai dari rasa ingin tahu, kecerdasan otak, kemampuan menyelesaikan masalah, dan lain sebagainya.

Permainan edukatif telah dibuat dengan berbagai gagasan untuk mendukung perkembangan berbagai keterampilan esensial dan metakognisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis mainan yang dapat diberikan untuk buah hati Anda.

Pilihan Mainan Untuk Perkembangan Bayi

Rattles atau Kerincingan

Ini merupakan salah satu mainan terbaik untuk bayi baru lahir. Warnanya yang menarik dan dapat mengeluarkan bunyi gemerincing mampu menarik perhatian anak untuk melihatnya. Anda dapat menggerakkan mainan bayi ini ke kiri dan kanan atau ke atas bawah di depan si kecil. Permainan ini dapat membantu mengidentifikasi apakah mata si kecil mengikuti gerakan mainan tersebut.

Jika bayi sudah bisa memegang, rattles juga masih menjadi mainan yang tepat. Ia akan memegang dan mengeksplorasi mainan tersebut. Apalagi suara yang dihasilkan dari mainan tersebut juga akan membuat ia senang.

Rattles untuk bayi hadir dengan berbagai macam bentuk yang lucu seperti bentuk binatang, bentuk seperti palu kecil, dan, ada pula yang seperti gelang dengan tambahan lonceng. Bahan yang digunakan pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari plastik dan juga kain. Untuk bayi yang masih kecil rattles kain yang bisa berbunyi dapat menjadi pilihan yang tepat.


Puzzle Untuk Bayi

Mainan yang satu ini juga cocok untuk bayi. Tentunya puzzle yang diberikan bukan puzzle rumit yang terdiri dari puluhan potongan tetapi hanya 2 sampai 5 potongan saja. Mainan ini dapat mendukung perkembangan motorik halus bayi. Pemilihan puzzle ini perlu disesuaikan dengan usia dan perkembangan bayi.  Puzzle yang berukuran besar sangat membantu bayi sebagai mainan edukatif pertamanya.


Kain Aneka Warna

Bayi sangat menyukai mainan yang berwarna dan mencolok. Anda dapat memberinya kain warna – warni yang memiliki tekstur berbeda-beda untuk si kecil. Biarkan ia meraba tekstur kain tersebut. Warna-warna yang cerah dari kain tersebut juga akan menarik perhatian dan melatih mata si kecil.

Selain dalam bentuk kain seperti buku dengan berbagai warna dan tekstur, mainan ini juga dapat berupa bantal berbentuk bola yang terdiri dari berbagai warna. Bentuknya yang lucu dan berwarna – warni serta empuk tentu akan menambah keseruan si kecil saat bermain.


Pop Beads

Pop bead merupakan mainan untuk perkembangan bayi yang berbentuk seperti gelang tetapi menggunakan manik-manik warna-warni yang berukuran besar. Warna-warnanya sangat menarik perhatian bayi. Apalagi ukuran yang digunakan juga berbeda-beda mulai dari yang kecil hingga berukuran besar seukuran kelereng.

Pop beads termasuk mainan yang dapat mendukung keterampilan motorik bayi dalam berbagai cara. Mainan ini dapat melatih kemampuan bayi untuk menggenggam benda. Selanjutnya ketika ia sudah mulai tumbuh, si kecil akan mulai belajar memisahkan manik – manik tersebut kemudian belajar merangkainya kembali menjadi berbagai macam kreasi, termasuk ketika ia sudah bisa bermain peran.